Analisis Sentimen Pergerakan Harga Mata Uang Kripto (Cryptocurrency) Menggunakan TextBlob-NLTK (Natural Language Toolkit)

  • Esther Yolanda Talahaturuson Universitas Narotama Surabaya
  • Lukman Junaedi Universitas Narotama Surabaya
  • Agustinus Bimo Gumelar Universitas Narotama Surabaya

Abstract

Mata uang kripto atau yang sering disebut cryptocurrency terus mengalami peningkatan pengguna hingga saat ini. Dengan cara kerjanya yang terdesentralisasi, kripto telah berkembang menjadi aset investasi yang diperdagangkan. Namun dalam waktu yang bersamaan, fluktuasi harga tidak dapat terlepas dari karakteristik cryptocurrency ini. Hal tersebut membuat setiap sentimen dalam pasarnya mempengaruhi pergerakan harga yang sedang terjadi. Pada penelitian ini dilakukan analisa sentimen pada Bitcoin, yang merupakan kripto dengan skala pasar terbesar saat ini, menggunakan data Twitter yang terjadi selama 7 hari. Pemilihan Twitter sebagai media utama yang dianalisa adalah tingginya tingkat pengguna dalam skala dunia yang mengemukakan pendapat mengenai cryptocurrency. Pengambilan data tweet dilakukan dengan menggunakan Twint, salah satu library python yang tersedia secara open-source. Serta digunakan data pergerakan harga harian yang diambil melalui investing.com, platform pasar keuangan yang menyajikan data secara real-time. Setiap data tweet akan diproses dan dianalisa secara otomatis berdasarkan nilai subjectivity dan polarity menggunakan TextBlob. Berdasarkan serangkaian tahap penelitian yang diterapkan, didapatkan sebanyak 89% sentimen positif pada tweet Bahasa Indonesia dan 42% sentimen positif pada tweet Bahasa Inggris. Hasil penelitian tersebut selaras dengan pergerakan harga harian yang sedang terjadi pada periode waktu yang sama.

Author Biographies

Esther Yolanda Talahaturuson, Universitas Narotama Surabaya

Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer

Lukman Junaedi, Universitas Narotama Surabaya

Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer

Agustinus Bimo Gumelar, Universitas Narotama Surabaya

Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer

Published
2022-10-19
How to Cite
TALAHATURUSON, Esther Yolanda; JUNAEDI, Lukman; GUMELAR, Agustinus Bimo. Analisis Sentimen Pergerakan Harga Mata Uang Kripto (Cryptocurrency) Menggunakan TextBlob-NLTK (Natural Language Toolkit). Jurnal Linguistik Komputasional, [S.l.], v. 5, n. 2, p. 44 - 50, oct. 2022. ISSN 2621-9336. Available at: <http://inacl.id/journal/index.php/jlk/article/view/83>. Date accessed: 28 mar. 2024. doi: https://doi.org/10.26418/jlk.v5i2.83.
Section
Articles