Ringkasan Jumlah Aspek Ulasan Hotel untuk Pembentukan Dataset Sentimen Analisis Berbasis Aspek

  • Maulana - Maulana STMIK Nusa Mandiri

Abstract

Mempelajari dan memahami opini orang lain menjadi topik yang cukup banyak dibahas dalam bidang Natural Languge Processing (NLP). Tools yang digunakan dalam memahami opini ini adalah Sentimen Analisis, dalam perkembangan untuk memahami opini lebih jauh mengenai apa yang dibahas dalam suatu teks atau kalimat dan serta melihat sentimen nya apakah menyukai atau tidak terhadap apa yang sedang disampaikan,  sentiment analisis berbasis aspek menjadi salah satu pengembangan yang cukup baru untuk saat ini. Dari hasil evaluasi dengan cross validation, dataset tersebut memiliki akurasi masing-masing nya untuk setiap aspek adalah sebagai berikut, untuk aspek kamar memiliki akurasi 79,39%, untuk aspek fasilitas memiliki akurasi 60,14%, untuk aspek lokasi memiliki akurasi 89,53% serta untuk aspek Pelayanan/Umum memiliki akurasi sebesar 78,38%. Dari hasil pengujian yang diperoleh nilai akurasi nya normal, tetapi hanya aspek fasilitas yang memiliki akurasi yang paling rendah yaitu 60,14%. Nilai akurasi ini masih belum maksimal dikarenakan adanya perbedaan jumlah data pada data training dari setiap label pada masing-masing aspek nya, sehingga menurunkan kualitas akurasinya.

Published
2020-11-20
How to Cite
MAULANA, Maulana -. Ringkasan Jumlah Aspek Ulasan Hotel untuk Pembentukan Dataset Sentimen Analisis Berbasis Aspek. Jurnal Linguistik Komputasional, [S.l.], v. 3, n. 2, nov. 2020. ISSN 2621-9336. Available at: <http://inacl.id/journal/index.php/jlk/article/view/26>. Date accessed: 03 dec. 2020.
Section
Articles