0%

PACLING 2015

Ide awal pembentukan komunitas linguistik komputasi Indonesia

Pertemuan anggota INACL ke-2

Pertemuan anggota INACL yang kedua diselenggarakan bersamaan dengan INDO-SC di Universitas Telkom

IALP 2018

The International Conference on Asian Language Processing (IALP) is a series of conferences with unique focus on Asian Language Processing. November 15-17, 2018 – Bandung, Indonesia

Tentang INACL

INACL (Indonesia Association of Computational Linguistics) adalah komunitas peneliti dan pemerhati bidang linguistik komputasi untuk bahasa Indonesia dan berbagai bahasa daerah di Indonesia. ILatar belakang awal pembentukan INACL adalah keprihatinan atas rendahnya publikasi paper peneliti Indonesia di level internasional yang salah satunya disebabkan oleh kurangnya sumber daya data dan tools pemrosesan bahasa alami di Indonesia. Diharapkan dengan adanya INACL, penelitian di bidang linguistik komputasi untuk bahasa Indonesia dan berbagai bahasa daerah di Indonesia bisa maju dengan lebih cepat.

PACLING 2015

Sebuah konferensi dwi tahunan untuk bidang computational linguistics yang pada tahun 2015 diselenggarakan di Indonesia dengan penyelenggara adalah BPPT dan ITB, tepatnya di Kuta, Bali. Pada PACLING 2015 ini, dilakukan pertemuan awal yang mendiskusikan ide pembentukan komunitas peneliti di bidang linguistik komputasi Indonesia. Pertemuan ini dihadiri oleh para akademisi/peneliti dan juga industri.

Pertemuan Anggota INALC ke-2

Pada tahun 2015, terdapat satu sesi khusus pada Indo-SC (seminar tahunan yang diadakan oleh Universitas Telkom) yaitu pertemuan ke-2 anggota INACL. Jumlah universitas yang datang pada pertemuan ke-2 ini lebih banyak daripada pertemuan ke-1 di PACLING, Bali. Hasil utama dari pertemuan adalah rencana penyelenggaraan workshop INALC 2015, rencana penyelenggaraan O-COCOSDA 2016 serta pengumpulan informasi language resource Indonesia.

Kegiatan Mendatang

Terdapat beberapa agenda: 1. Pengumpulan informasi language resource (PIC: Moch. Arif Bijaksana, Univ. Telkom) 2. Workshop Nasional INALC 2015 (PIC: Hisar Maruli Manurung, Univ. Indonesia) 3. Konferensi Internasional O-Cocosda 2016 (PIC: Dessi Puji Lestari, ITB)